Jurnal kimia organik: Asam propionat

Share on :
Jurnal kimia organik ini saya peroleh dari browsing di google. Saya lupa situsnya dimana. Jurnal ini sudah lama tersimpan di dokumen hardisk komputer saya. Dari pada karatan mending dibagi-bagi mana tahu berguna untuk mahasiswa yang ingin menjadikannya sebagai judul Seminar Matakuliah bidang organik.

Berikut keterangan singkat tentang jurnal ini :

Judul : Asam propionat sebagai displacement acid pada 
reaksi hidrolisis minyak kelapa sawit dengan katalis asam sulfat

Penulis : Rita Arbianti, Tania S. Utami, Heri Hermansyah, Ira Setiawati, dan Eki L. Rini

Penerbit : Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Kampus UI Depok, Depok 16424

ISBN 978-979-98645-4-9

Intisari : Laju  pertumbuhan  produksi  minyak  sawit  yang  tinggi,  mendorong  perlunya  diversifikasi  minyak sawit menjadi produk lain dengan nilai ekonomi tinggi, salah satunya adalah surfaktan. Surfaktan dan emulsifier yang dibuat dari minyak nabati bersifat biodegradable, sehingga tidak mencemari lingkungan. Kesinambungan pengadaannya terjamin karena berasal dari sumber daya alam yang dapat  diperbaharui.  Dalam  produksi  emulsifier  berbahan  baku  minyak  nabati,  reaksi  hidrolisis dari minyak kelapa sawit merupakan tahapan awal. Keberhasilan reaksi ini akan mempengaruhi kualitas  emulsifier  yang  dihasilkan.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengkaji  kondisi  optimum reaksi  hidrolisis  minyak  kelapa  sawit  dengan  katalis  asam  sulfat  dengan  penambahan  asam propionat sebagai displacement acid. Proses hidrolisis menggunakan asam sulfat sebagai katalis dan  minyak  berbasis  kelapa  sawit.  Variabel  yang  divariasikan  adalah  waktu  hidrolisis  (60,  90, 120 dan 180 menit), rasio air dengan  minyak (1:4, 1:3, 1:2, dan  1:1 {gr air:gr  minyak}), persen katalis asam sulfat (7,5%, 9,2%, 12,5% dan 15% {gr katalis/gr minyak}), dan suhu hidrolisis (90, 95,  100,  dan  108  oC),  untuk  mengkaji  pengaruhnya  terhadap  derajat  hidrolisis  reaksi  tersebut. Derajat  hidrolisis  diuji  dengan  menentukan  bilangan  asam  produk  asam  lemak  dan membandingkannya  dengan  bilangan  penyabunan  minyak.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa derajat  hidrolisis  tertinggi  untuk  penambahan  asam  propionat  diberikan  oleh  variasi  waktu  120 menit, rasio air dengan minyak 1:3, persen katalis asam sulfat 12,5% dan suhu hidrolisis 95 oC.

Demikianlah Jurnal kimia organik: Asam propionat, semoga bermanfaat. Kalau bermanfaat silahkan di share dan beri like melalui facebook disamping. :)

0 komentar on Jurnal kimia organik: Asam propionat :

Post a Comment and Don't Spam!